Minggu, 22 Juli 2012

Adaptasi

adaptasi merupakan salah satu dari beberapa ciri makhluk hidup. adaptasi sendiri (setelah saya cari di wikipedia ._.) merupakan cara makhluk hidup mengatasi tekanan lingkungan sekitar untuk bertahan hidup. ada beberapa macam adaptasi, yaitu morfologi, tingkah laku, dan fisologi. lalu bentuk adaptasi mana yang harus saya lakukan untuk masuk ke sebuah jenjang baru bernama SMA?
jujur ya, saya merasa belum siap untuk jadi anak SMA, yah walaupun akhirnya jadi bisa 'sok' dengan seragam putih abu abu nya. tapi bagi saya, butuh loncatan panjang untuk berpindah dari frase SMP ke SMA. mengingat SMP itu masih belum gede, masih suka minta anterin, dan masih belum bisa pake high heels (yasih, ini saya banget)
bohong kalau saya nggak suka untuk jadi anak SMA yang keliatannya keren banget dan bebas banget itu, saya seneng kok. tapi dengan jadi SMA itu berarti saya harus memikul tanggung jawab yang lebih besar kan? itu yang masih belum bisa saya terima. dan saya jadi perlu waktu untuk beradaptasi agar saya bisa mengatasi hal tersebut.
perpindahan dari SMP ke SMA juga membuat saya jadi junior lagi. nggak bebas ke sana sini karena ada kakak kelas yang super... yah begitulah. nggak bebas melakukan hal norak sama teman dekat, tentunya karena saya belum punya teman yang bisa diajak gila-gilaan bareng. lagi lagi saya butuh adaptasi. 
rasanya ingin sekali balik ke SMP dengan pelajaran SMA. biarpun teman cuma itu itu saja, tapi bukannya hidup tanpa tantangan itu bukan apa-apa? seperti kata Hellen Keller di buku The Open Door "Life is either a daring adventure or nothing at all" 
intinya, dalam hidup ini banyak sekali tantangan, dan ada banyak macam adaptasi yang harus kita lakukan. jadi, jangan pernah nyerah dan kita harus tetap semangat buat menghadapi itu semua!! 

senyum bijak, 
-Zuhriya Aridhani- 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar